Cara Alami Merawat dan Menyembuhkan Rambut Rontok

Carapedi.com| Rambut adalah mahkota bagi kepala kita. Bagi kaum hawa rambut merupakan faktor penting yang harus diperhatikan agar bisa tampil lebih menarik dan cantik. Namun karena faktor genetikal ataupun karena faktor lainnya, rambut terkadang menjadi gampang rontok. Jika sudah demikian maka kebotakan menjadi ancaman yang menakutkan.

Jika sudah terlanjur, maka kita harus segera melakukan upaya penyembuhan untuk mencegah terjadinya kebotakan. Rambut yang normal hanya mengalami kerontokan tidak melebihi dari 100 helai perharinya.

Untuk mengetahui cara mengatasi rambut rontok tentu kita harus tahu terlebih dahulu apa saja faktor yang menyebabkan kerontokan rambut:

  1. Iklim yang Panas dan Lembab.
    Iklim di Indonesia pada musim kemarau bisa menjadi sangat panas sehingga dapat dengan mudah menyebabkan rambut dan kulit kepala menjadi berminyak dan berketombe.
  2. Kurangnya Nutrisi pada Rambut.
    Kekurangan gizi seperti protein, vitamin B, mineral seng, termasuk infeksi kulit kepala dapat menyebabkan rambut mudah sekali lepas dari akarnya. Vitamin B bisa didapatkan dari mengkonsumsi roti, padi- padian, buncis, hati, daging, ikan, telur, dan susu.
  3. Kelebihan Hormon Androgen.
    Androgen adalah hormon steroid yang merangsang atau mengontrol perkembangan dan pemeliharaan karakteristik laki-laki vertebrata dengan mengikat reseptor androgen yang juga merupakan pendukung aktivitas organ seks pria dan pertumbuhan karakteristik seks sekunder laki-laki. Sehingga biasanya kebotakan terjadi pada pria dengan umur di atas 30 tahun di bagian depan atau belakang atas.
  4. Kebiasaan Buruk Memperlakukan Rambut.
    Kebiasaan mengikat rambut terlalu kencang atau menyasak bisa membuat akar rambut tertarik dan mudah lepas. Penggunaan bahan kimia, seperti sampo, pelembab rambut, pewarna rambut, serta obat pengeriting atau pelurus rambut juga mempengaruhi kesehatan akar rambut.
  5. Konsumsi Obat Berlebihan.
    Obat-obatan pun bisa menjadi penyebab kerontokan. Untuk sebagian orang, pil kontrasepsi, obat asam urat, obat radang sendi, obat depresi, dan obat darah tinggi bisa menjadi pemicu kerontokan rambut.
  6. Faktor Keturunan.
    Salah satu alasan terjadinya rambut rontok adalah faktor keturunan. Pada beberapa keluarga, gen yang menyebabkan rambut rontok bisa diturunkan pada anak-anak mereka. Dan penyakit yang paling susah disembuhkan adalah jika sudah bawaan lahir (faktor genetika)
Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.