Cara Mengubah File Word ke PDF dengan Software dan Online

Carapedi.com| Ada dua cara yang dapat digunakan untuk mengubah file word ke pdf, yaitu dengan software dan tanpa software secara online dengan menggunakan fasilitas situs penyedia layanan mengubah word menjadi pdf secara gratis.

A. Cara Mengubah File Word ke PDF dengan Software doPDF.

  1. Download dan instal terlebih dahulu software yang bernama doPdf DI SINI. Software ini bisa digunakan tidak hanya untuk merubah file word ke Pdf saja, tapi juga file-file lainnya seperti dari JPEG, Gif, excel dan hampir semua bentuk file.
  2. Langkah berikutnya adalah dengan membuka file atau dokumen yang ingin dijadikan .pdf. Ambil contoh dokumen dalam bentuk Word (rtf/doc).
  3. Jika sudah terbuka, kemudian tekan CTRL + P (short cut untuk menge-print) sehingga muncul toolbar printer seperti di bawah ini:
  4. Ganti jenis printer yang akan digunakan menjadi doPDF v7, lalu klik OK.
  5. Setelah itu akan muncul jendela terakhir sebelum software doPdf tersebut memproses dokumen seperti terlihat di bawah ini:
  6. Settinglah tempat penyimpanan file PDF ke folder sesuai dengan keinginan Anda dengan mengklik Browse seperti yang diberi kotak merah di atas. Ubah sesuaikan juga check list seperti:
    • Always use this folder: Jika mencentang opsi ini, maka folder yang terpasang akan selalu digunakan untuk menyimpan file PDF).
    • Ukuran atau size hasil PDF: Jika ingin ukuran yang kecil maka pilih Small file, jika yang ukuran besar tapi hasilnya lebih bagus/jelas pilih High quality images.
    • Open Pdf in reader: Jika setelah proses pengubahan ke PDF selesai langsung terbuka, maka Anda bisa mencentang opsi ini;
    • Embed fonts: Diguna untuk menjaga tampilan font seperti aselinya. Tapi, konsekuensinya, ukuran dokumen akan lebih besar.

B. Cara Merubah File Word ke Pdf tanpa Software atau Online.

  1. Silahkan buka situs: PDF Online Converter. (Rekomended karena tidak perlu daftar)
  2. Cari toolbar seperti terlihat di bawah ini:cara rubah file word ke pdf online
  3. Browse: pilih dokumen dari komputer > Preview: lihat hasilnya > Download: sedot hasilnya dengan klik tombol download yang berada di atas preview. Selesai.

Demikianlah tutorial tentang bagaimana Cara Termudah Membuat Dokumen Word Menjadi PDF. Jika menurut Anda tutorial ini bermanfaat, mohon sharenya dengan mengklik tombol like disebelah kiri postingan atau dengan berkomentar di bawah ini. Terima Kasih.

Tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.