Cara Mengendalikan atau Mengoperasikan Komputer dari Jauh

Carapedi.com| Pada waktu tertentu, kita harus berjauhan dengan komputer atau PC yang tidak mungkin kita bawa layaknya laptop atau notebook. Padahal dalam komputer tersebut ada aplikasi penting yang harus kita jalankan. Lalu bagaimana solusinya? Kita bisa mengoperasikan komputer dari jarak jauh dengan menggunakan software bernama Team Viewer.

Namun cara instalasinya harus benar sehingga kita tidak diblokir karena masa trialnya sudah habis. Oleh karena itu ikuti Cara Mengendalikan atau Mengoperasikan Komputer dari Jauh berikut ini:

Perangkat yang diperlukan:

  1. Komputer yang ingin kita remote, dengan laptop atau notebook yang akan kita gunakan untuk meremote dari jarak jauh.
  2. Pastikan keduanya terhubung dengan jaringan internet.

Caranya:

  1. Instal Team Viewer terlebih dahulu di komputer dan laptop atau notebook yang akan digunakan. Jika belum punya bisa didownload di sini:
    download icon
  2. Setelah terdownload, klik dua kali pada file aplikasi tersebut, maka akan muncul jendela atau tampilan seperti di bawah ini. Settinglah sesuai dengan petunjuk gambar berikut ini, terutama pada pilihan “How do you want to use TeamViewer“. Kita harus memilih menu: Personal / non-commercial use. Jika tidak maka kita hanya berhak untuk menggunakannya selama 30 hari, dan setelah itu kita diharuskan membeli serial number untuk mengaktifkannya kembali.
  3. Setelah klik tombol Accept – finish seperti terlihat pada tombol di atas, lalu pilih YES dan tunggu hingga proses instalasi selesai.
  4. Setelah instalasi selesai akan muncul bar Teamviewer seperti di bawah ini:
  5. Bar/jendela/tampilan di atas menandakan instalasi telah sukses dan sudah siap untuk digunakan. Pastikan tombol bulat di pojok kiri bawah berada dalam status “Ready to connect”.

Cara Menggunakannya:

  1. Ada dua fungsi utama Teamviewer seperti terlihat pada bar di atas, yaitu:
    • Remote Control. Digunakan untuk mengendalikan atau mengoperasikan komputer target dari jauh.
    • File Transfer. Digunakan untuk menransfer data dari folder target ke komputer kita atau sebaliknya.
  2. Jika ingin menggunakan salah satu fungsi di atas, maka kita harus mengkoneksikan komputer atau laptop kita dengan laptop target. Caranya adalah dengan memasukkan: “Your ID” dan Password yang ada pada komputer atau PC target.
  3. Jadi jika kita dari jauh, maka kita harus minta tolong orang yang dekat dengan komputer target untuk memberi tahu ID dan Passord komputer target. Tentunya Teamviewernya harus diaktifkan dulu dan dikoneksikan dengan internet.
  4. Jika sudah terkoneksikan/tersambung, berarti kita bisa langsung mengoperasikan komputer target dari tempat kita.

Demikianlah tutorial Cara Mengendalikan atau Mengoperasikan Komputer dari Jauh. Semoga bermanfaat dan leave a comment please…

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.