Cara Daftar Google Adsense dan Tips Agar Cepat Diterima

Carapedi.com| Bisa mendapatkan akun google adsense untuk mendapatkan hak menayangkan iklan pay per click (PPC) dari google adalah sebuah impian dan mungkin tujuan satu-satunya para bloggers.

Tips agar cepat diterima google adsense:

  1. Halaman Wajib.
    Halaman pelengkap blog sangat diperhatikan oleh Google. Yang termasuk halaman pelengkap adalah About Us, Contact Us dan Privacy Policy. Akan lebih bagus lagi jika diberi Sitemap. Mengapa halaman ini penting? Karena halaman ini menggambarkan apakah blog ini profesional atau tidak, terutama halaman Privacy Policy yang memuat landasan hukum penayangan Google Adsense. Contohnya bisa dilihat di menu pojok kanan atas blog ini. Untuk membuat privacy policy, cara paling gampang silahkan buat Di Sini, lalu copas.
  2. Pastikan isi atau contentnya orisinil.
    Ini adalah hal penting yang sangat ditekankan oleh Google. Buatlah artikel sendiri tanpa copy paste secara membabi buta. Kalau terpaksa materinya sama buatlah dengan gaya bahasa sendiri.
  3. Hindari isi atau content yang dilarang.

    Artikel yang mengandung konten dewasa, mengandung malware, atau file bajakan seperti film bajakan sangat dilarang oleh google. Bahkan pernah blog Kajian Hukum Islam saya iklannya tidak muncul karena membahas tentang hukum on*ni dan mast*rbasi dalam fiqih.
  4. Buatlah Blog yang standar.
    Blog yang standar setidaknya harus:

    • Minimal memiliki 30 artikel atau tulisan. Setiap artikel terdiri dari minimal 200 kata. Usahakan penataan tulisannya yang rapi.
    • Sudah berumur kurang lebih 3 bulanan.
    • Tampilan yang menarik, gunakan template atau thema yang enak dipandang mata, sehingga terlihat professional. Jangan menggunakan thema dengan warna dasar gelap seperti hitam.
    • Gunakan navigasi yang baik. Maksudnya, buatlah link ke artikel lain yang baik agar pengunjung mudah mengakses tulisan lainnya. Bisa gunakan popular post atau recent post di sidebar. Kemudian related post di bawah artikel.
  5. Memenuhi Minimum Traffic Pengunjung Organik.
    Sebagus dan seorisinil apapun artikel kamu, jika tidak ada pengunjungnya maka jelas Google tidak akan menerima proposal permohonan kamu. Jadi usahakan ketika mendaftar traffic pengunjung kamu sudah minimal 200 pengunjung/visitor organik perhari. Pengunjung organik itu pengunjung yang datang dari search engine seperti Google search, bukan dari feed di facebook atau jejaring sosial lainnya. Kalau di atas 200 pengunjung perhari insyaAllah diterima. Lalu bagaimana cara meningkatkan traffic pengunjung? Silahkan baca Tips Cara Meningkatkan Pengunjung Blog.
  6. Bersabar.
    Tips yang satu ini terdengar mudah tapi susah dijalankan. Pengalaman teman-teman saya, kebanyakan mereka sudah tidak sabar untuk mendapatkan akun GA padahal umur blog baru 2 bulan, pengunjung baru 50 an/hari, artikel belum standar sudah main daftar saja. Kalau sudah daftar terus ditolak, akan lebih sulit lagi diterima karena sudah pernah ketolak sebelumnya. Jadi bersabarlah sampai benar-benar memenuhi kriteria. Bersabar pahit rasanya, tapi insyaAllah manis buahnya. Lalu minimal berapa bulan? banyak yang bilang 3 bulan.
  7. Penempatan Iklan.
    Setelah mendaftar dan mendapatkan email notifikasi dari Google untuk memasang iklan Anda harus berhati-hati. Jangan sampai melanggar ketentuan penempatan iklan Adsense karena perintah untuk menempatkan iklan tersebut juga sangat berpengaruh apakah Anda jadi di full approve atau tidak. Artinya, Pada saat mendapat email notifikasi tersebut, sebenarnya Adsense sudah melirik blog Anda lalu mengetes kepatuhan Anda dalam menempatkan iklan apakah sesuai dengan TOS atau tidak. Penempatan paling aman adalah sebelum dan sesudah artikel, serta di sidebar. Ingat, maksimal hanya boleh 3 unit saja.
    Dan saya sangat sarankan sekali untuk tidak memasang iklan dari manapun ketika mendaftar. Jika sudah diterima buang saja iklan tersebut. Adsense saja sudah cukup menghasilkan. Ingat, serakah dengan menempatkan banyak iklan dari berbagai sumber bisa membuat hancur diri sendiri, walaupun Google sendiri memperbolehkan, tapi tentu Google lebih suka blog yang loyal kepadanya.

Nah, jika kamu merasa bahwa blog kamu sudah memenuhi kriteria di atas, saatnya kamu mendaftar atau mengajukan proposal Google Adsense.

Cara Mendaftar Google Adsense:

  1. Login dulu di form pendaftaran di sini.
  2. Pastikan kamu mempunyai alamat email di Gmail.com untuk mendaftar. Jika belum buatlah dulu dengan mengklik tombol: “Tidak, buat akun google baru”
  3. Setelah login dengan akun gmail, lalu isikan kolom:
    Saya akan menampilkan iklan di: www.alamatblogkamu.com
    Bahasa Content: Pilih Indonesia, Setelah terisi klik Lanjut.
  4. Isikan kolom-kolom berikut:
    • Negara atau Wilayah:  Indonesia
    • Zona Waktu:  (+07:00) Jakarta
    • Jenis Akun: Perorangan
    • Nama Penerima Pembayaran:  Nama kamu yang sesuai KTP
    • Alamat:  Alamat kamu sesuai KTP
    • Telepon:  Nomor Handphone
    • Bagaimana Anda Mengetahui Tentang Adsense:  Dari teman (atau terserah kamu)
    • Preferensi Email:  Biar gampang pilih yang atas.
  5. Setelah terisi semua baru klik Kirim Permohonan. Tapi baiknya diteliti dulu terutama nama tidak boleh salah. Karena kalau salah nanti tidak bisa ambil uangnya. Karena kalau alamat bisa dirubah sedangkan nama tidak bisa.
  6. Jika sudah dikirim, cobalah untuk buka email kamu kurang lebih 12 jam berikutnya untuk mengetahui apakah Google menerima atau menolak permohonan kamu. Jika disetujui maka akan ada permintaan dari Google untuk memasang iklan di blog.

Ok, semoga artikel tentang Cara Daftar Google Adsense dan Tips Agar Cepat Diterima ini dapat membantu, tentunya saya berdoa semoga permohonan kamu juga diterima Google. Amiin. Jangan lupa like dan twit untuk artikel ini atau berkomentar di bawah ini ya. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.