Cara Membuat Layout Buku pada MS Word 2007

Carapedi.com| Cara Membuat Layout Buku pada MS Word 2007 – Setelah mengetik sebuah karya tulis, tentu kita ingin agar hasil karya tulis kita bisa dibaca orang lain. Salah satunya adalah dengan cara diprint out dan dibuat dalam bentuk buku. Jika bukunya dalam bentuk yang besar seperti dijilid, mungkin tidak jadi masalah, tapi jika ingin dijadikan setengah kertas Folio (F4/panjang 33 cm), maka kita harus menyettingnya terlebih dahulu agar bisa dijadikan model buku. Cara ini pernah saya lakukan ketikan membuat buku saku kaidah fiqhiyyah untuk murid-murid saya waktu masih di pondok dulu agar mudah di bawa kemana-mana untuk dihapalkan.

Cara membuat settingan menjadi buku sebenarnya cukup  mudah, tapi bagi yang baru pertama kali membuatnya atau baru saja menggunakan MS Office 2007 tentu akan kesulitan. Nah, kali ini saya akan share tentang bagaimana cara setting di Microsof Office Word 2007 agar bisa dicetak menjadi bentuk buku dulu karena kebetulan saya menggunakan MS Office 2007. Sedangkan untuk MS Office 2010 akan saya buatkan artikelnya nanti.

Cara Membuat Settingan Buku pada Word 2007

  1. Pertama-tama, buka file atau dokumen dalam bentuk word yang akan buat dalam bentuk buku.
  2. Setelah terbuka, klik atau masuk pada menu Page Set Up. Caranya adalah dengan cara klik tab menu Page Lay out (di sebelah atas) kemudian klik tombol panah kecil yang berada di ujung bawah kanan seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
    cara membuat settingan buku
  3. Setelah masuk pada menu Page Lay Out, pada tab Margin, buatlah posisi kertasnya menjadi landscape. Lalu gantilah pilihan Multiple Pages yang berada persis di bawah pilihan Orientation dari type Normal menjadi Book fold (lihat gambar di bawah). Untuk Margin Top, Bottom, Inside dan Outside tinggal menyesuaikan dengan selera atau kebutuhan. [klik pada gambar untuk memperbesar].
    cara membuat layout buku pada MS Word 2007
    Sejauh ini kita sudah bisa melihat model buku pada Preview seperti terlihat pada gambar di atas. Namun, agar bisa menjadi buku dengan ukuran yang umum digunakan, kita harus mengganti ukuran kertasnya menjadi F4. Tapi jika Anda ingin membuat buku saku yang ukurannya jauh lebih kecil, maka Anda bisa mengganti ukuran kertasnya sesuai dengan yang Anda inginkan.
  4. Pada tab Paper, pilihlah gantilah ukuran panjang kertas menjadi F4 dengan cara mengganti angka pada Width menjadi 33 cm. Anda harus menggantinya secara manual karena tidak ada pilihan F4 di dalamnya. Jika ukuran yang ada pada komputer Anda menggunakan inchi, dan Anda bingung karena inch tidak familier, silahkan baca artikel saya tentang cara menggantinya menjadi centimeter. Jika sudah selesai jangan lupa menyimpannya dengan klik tombol OK yang terdapat di dasar tampilan. Lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini:
    Cara Membuat Layout Buku pada Microsof Office Word 2007

Demikianlah penjelasan singkat tentang tutorial Cara Membuat Layout Buku pada MS Word 2007. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau meninggalkan komentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejarin sosial Anda yang kebetulan membutuhkannya. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.