Cara Agar Kulit Wajah Bersih dan Awet Muda

CaraPedi.com| Cara Agar Kulit Wajah Bersih dan Awet Muda – Memiliki kulit wajah yang bersih dan awet muda tentu dambaan setiap orang. Baik itu laki-laki terlebih kaum hawa. Lalu apa saja tips agar kulit wajah bisa terlihat bersih dan terus awet muda. Berikut beberapa tips yang bisa digunakan:

  1. Cuci Wajah dengan Gerakan yang Benar.
    Mencuci muka adalah kegiatan rutin yang pasti kita lakukan setiap hari, terutama bagi umat Islam yang harus mencuci muka ketika berwudlu. Banyak yang tidak menyadari bahwa gerakan konvensional yang biasa Anda gunakan, yaitu membasuh wajah dari atas ke bawah justru akan membuat muka menjadi cepat menggelambir sehingga akan terlihat cepat tua. Oleh karena itu, ubah kebiasaan Anda dengan mengusap dari bawah ke atas. Rasakan perbedaannya dalam 2 minggu.
  2. Gunakan Krim Anti Aging Sejak Dini.
    Gunakanlah krim anti aging yang terpercaya yang sesuai dengan tipe kulit wajah sejak dini, sejak usia mulai menginjak usia 20 tahunan ke atas.
    Kandungan yang terdapat di dalamnya  bertujuan untuk mencegah  timbulnya tanda-tanda penuaan dan  menjaga proses metabolisme sel kulit tetap stabil. Sebaiknya, Anda juga menjaga pola makan dan gaya hidup.
  3. Rutin berolah raga.

    Lakukanlah olah raga rutin minimal setengah jam tiap hari. Selain baik bagi tubuh dan jantung, olahraga juga merangsang sistem hiposis hipotalamus di otak yang mengeluarkan hormon anti aging yang kuat.
    Bila Anda tidak sempat, mulai dari gerakan-gerakan ringan dan unik yang tidak membuat Anda cepat bosan. Awali dengan bangun dari tempat tidur dan berjalan mengelilingi rumah selama 15 menit. Cara ini membuat tubuh Anda sudah melakukan olahraga ringan.
  4. Bersihkan Kulit Wajah dengan Maksimal.
    Kulit wajah yang bersih mampu menyerap nutrisi secara maksimal. Cuci bersih wajah Anda dengan memperhatikan beberapa hal.  Pertama, basuh wajah dengan air hangat, gunakan sabun pencuci muka yang sesuai dengan jenis kulit.
    Bilas wajah dan keringkan dengan handuk bersih. Ganti handuk Anda secara berkala karena handuk yang terlalu lama digunakan rentan meninggalkan jamur dan bakteri. Oleskan penyegar untuk memberi perawatan yang maksimal, lalu lanjutkan dengan perawatan harian seperti serum dan pelembap.
  5. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah-buahan.
    Sayur dan buah-buahan mengandung kandungan berbagai macam vitamin terutama vitamin E dan C serta serat alami yang baik untuk tubuh maupun kulit. Memperbanyak makan sayur dan buah akan membersihkan racun dan toksin yang mengendap dalam tubuh dan juga akan merangsang tumbuhnya sel kulit baru.
  6. Gunakan Masker Alami.
    Selain melakukan perawatan harian, manjakan kulit wajah dengan masker alami buatan sendiri.  Campur putih telur dengan air jeruk lemon, aduk hingga berbuih. Oleskan masker ke wajah yang sudah dibersihkan secara merata. Putih telur berfungsi mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori. Kandungan proteinnya berguna melembapkan kulit serta mempercepat proses regenerasi. Lemon yang kaya akan vitamin C berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan penuaan. Untuk menjaga elastisitas kulit, gunakan masker ini seminggu sekali.
  7. Istirahat Yang Cukup.
    Istirahat yang cukup terutama di malam hari sangat berpengaruh pada proses perbaikan sel setelah seharian beraktivitas. Usahakan tidur dalam kondisi yang nyenyak dengan mengkondisikan lingkungan ketika sebelum tidur. Cara orang bisa tertidur lelap itu berbeda-beda. Ada yang harus gelap, ada yang harus dengan mendengarkan musik dsb. Settinglah sesuai dengan keinginan.
  8. Hindari Stres Berlebihan.
    Dokter Ahli Andrologi dr. Wimpie Pangkahila dalam seminar peranan Antioksidan Astaxithing sebagai Anti-Aging, memaparkan stres adalah salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya penuaan dini. Kulit merespons stres dengan mengarahkan darah dari bagian tubuh seperti kulit ke daerah vital seperti jantung dan paru-paru. Hasilnya, proses pembaruan sel kulit menjadi lambat dan jumlah radikal bebas pada kulit bertambah.

Demikianlah beberapa tips tentang bagaimana cara agar wajah awet bersih dan awet muda. Semoga bermanfaat.

Sumber: Dari berbagai macam sumber.

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.