6 Tips Mudik Lebaran dengan Kendaraan Pribadi

CaraPedi.com| Tips Mudik Lebaran dengan Kendaraan Pribadi – Mobil dan Sepeda Motor – Kata mudik berasal dari singkatan dua kata dalam bahasa jawa, yaitu “Mulih ndisik” yang artinya pulang dulu. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran dan Natal. Pada moment itulah pemudik atau istilahnya carapedi ‘mudikers’ memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melepaskan rasa rindu dengan bersilaturahmi dan berkumpul bersama sanak saudara di kampung halamannya setelah lama terpisahkan oleh jarak dan waktu.

Mudik lebaran dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor memang memiliki keasyikan tersendiri. Selain Anda dapat menggunakan kendaraan tersebut di kampung halaman, Anda juga bisa beristirahat dan mengatur waktu perjalanan sesuai dengan keinginan Anda. Namun pastikan bahwa mudik lebaran Anda dengan kendaraan pribadi aman dan selamat. Berikut beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi Anda.

Tips Mudik Lebaran dengan Kendaraan Pribadi

  1. Periksa Kondisi Kendaraan Anda.
    Tips mudik wajib pertama yang harus Anda perhatikan adalah mengecek kondisi mobil atau sepeda motor Anda. Dua hal penting yang menurut saya sangat mempengaruhi keselamatan Anda di jalan adalah rem dan ban. Pastikan kondisi kampas dan oli rem kendaraan Anda dalam kondisi yang siap jika sewaktu-waktu Anda harus mengerem mendadak. Selain itu cek tekanan ban dan hindari menggunakan ban yang sudah mulai gundul. Setelah dua hal tersebut, barulah Anda mengecek bagian lainnya seperti busi, air radiator, aki, lampu dan yang lainnya.
  2. Jaga Kondisi Tubuh Anda.
    Selain memastikan kondisi kendaraan fit, Anda juga harus memastikan kondisi badan Anda fit. Usahakan sehari sebelum berangkat, Anda tidur dan beristirahat dengan cukup. Jangan terlalu banyak melakukan aktivitas yang memforsir tenaga Anda dan minumlah suplemen atau vitamin agar kondisi badan Anda tetap terjaga.
  3. Lengkapi dengan Alat Keselamatan.
    Lengkapi diri Anda dengan perlengkapan berkendara seperti helm standar, masker, kaos tangan, rompi dada bagi Anda yang menggunakan sepeda motor. Sedangkan bagi pengendara roda empat usahakan melengkapi dengan perangkat seperti GPS, peralatan mekanik seperti dongkrak dan pompa portable jika sewaku-waktu mobil Anda bermasalah di jalan yang tidak ada bengkel.
    Jika mudik dengan rombongan lainnya, usahakan Anda membawa charger atau power bank untuk mempermudah koordinasi di jalan dan jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan bantuan, Anda bisa melakukan panggilan ke bengkel terdekat dengan browsing nomor telphon bengkel terdekat.
  4. Kurangi Barang Bawaan saat Mudik.
    Menurut beberapa harian nasional, faktor penyebab kecelakaan lalu lintas terbesar pada saat mudik lebaran adalah faktor kendaraan, seperti kelebihan muatan sehingga tidak seimbang. Terlebih setiap kali menjelang lebaran, mudikers selalu didominasi oleh pengendara sepeda motor yang membawa barang bawaan terlampau banyak dan ditumpangi lebih dari dua orang. Salah satu item yang masuk dalam daftar barang bawaan adalah barang elektronik seperti televisi, tape, laptop, perkakas rumah tangga dsb yang dibeli oleh mudikers sebagai oleh-oleh spesial untuk orang tua ataupun anak mereka yang tinggal di kampung halaman.
    Lalu bagaimana menyikapi dua kepentingan tersebut? satu sisi ingin mudik dengan aman, sisi lain ingin membawakan oleh-oleh berupa barang elektronik. Begini tips ala carapedia, mudikers hanya perlu membeli barang yang diinginkan secara online, lalu alamatkan ke kampung halaman, sehingga mudikers tidak perlu repot-repot membawanya.
  5. Berhenti Untuk Beristirahat.
    Jika selama perjalanan Anda sudah tidak kuat karena terlalu lelah atau mengantuk, sebaiknya menempilah dan beristirahat di tempat-tempat peristirahatan seperti pom bensin. Selain mengistirahatkan tubuh, Anda juga secara otomatis mengistirahatkan kendaraan Anda agar tidak over heat karena berjalan terlalu lama. Namun jangan terlalu sering berhenti juga, karena tentu akan memperlambat waktu perjalanan mudik Anda.
  6. Patuhi Rambu-rambu Lalu lintas.
    Rambu lalu lintas bertujuan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada pengguna jalan. Jika ingin selamat sampai kampung halaman, mematuhi rambu lalu lintas adalah harga mati. Namun itu saja belum cukup, karena sekalipun kita sudah berhati-hati dan mematuhi rambu lalu lintas, selalu saja ada pengendara lain yang mengemudi kendaraannya secara ugal-ugalan sehingga membahayakan pengguna jalan lainnya.

Demikianlah Tips Mudik Lebaran dengan Kendaraan Pribadi. Semoga bermanfaat dan perjalanan mudik Anda selamat hingga bertemu dengan sanak keluarga di kampung halaman. Jika Anda menyukai tips ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.