Cara Membuat Website Profesional Untuk Pemula

CaraPedi.com| Kali ini saya akan share bagaimana cara mudah membuat website profesional untuk pemula dengan menggunakan Joomla. Hasilnya bisa dilihat dari kreasi saya di www.pabajawa.net.

  1. Beli dulu domain (alamat website), di server penyedia penjualan domain, seperti: DomaiNesia untuk server lokal nan murah. Cek dulu calon nama domain yang ingin kamu pesan apakah sudah dipakai orang lain atau belum, jika belum, langsung beli dengan membuat akun dulu. Misalnya carapedi.com. Lalu pilihlah Manage Name Server.
    Dan ganti Nameservernya menjadi seperti dibawah ini:
    cara buat website profesional
  2. Setelah alamat website (domain), Carilah hosting (tempat penyimpanan data website kita). Bagi pemula sebaiknya pakai yang gratis dulu seperti di IdHostinger. Di Hostinger, kita diberi gratis 2 GB space untuk menyimpan data kita. Cukup besar bahkan mungkin gratisan hosting terbesar yang saya tahu. Untuk mendapatkan layanan hosting gratis, kamu harus buat akun dulu dengan menggunakan alamat email.
  3. Setelah akun Jadi, maka loginlah dengan menggunakan alamat email dan password yang sudah kamu buat. Lalu klik Hosting untuk membuat hosting dengan mendaftarkan domain yang sudah dibeli. Kenapa tidak beli domain di hostinger sekalian saja? (sst…mahal soalnya, hehe).
  4. Klik Buat Akun lalu masukkan domain dan buatlah password (jangan klik tombol buat password otomatis), seperti terlihat di bawah ini:cara buat website profesional1
  5. Setelah terisi semua, kliklah tombol Buat. Maka pembuatan hosting untuk domain kamu segera selesai. Setelah proses ini selesai berarti kamu sudah membuat alamat website dan hardisk untuk menyimpan data website kamu. Langkah selanjutnya adalah mulai mengelola data website.
  6. Untuk mengelola website, kliklah tombol Kelola sehingga masuk ke Cpanel. Kemudian carilah tombol Penginstal Otomatis untuk menginstal software website yang dalam tutorial ini akan menggunakan Joomla. Klik Ikon Joomla seperti terlihat di bawah ini, untuk menginstal software Joomla.
    cara buat website profesional2
  7. Buatlah Username dan Password untuk masuk ke bagian dapur website dimana kamu akan membuat tulisan, menyetting tampilan dsb nantinya. Jika sudah install, maka kamu sudah membuat website. Cobalah buka alamat website kamu dengan mengetikkannya di web browser kamu.

Demikianlah tutorial singkat tentang bagaimana Cara Mudah Membuat Website Profesional Untuk Pemula. Untuk pengelolaan websitenya, akan saya buatkan artikelnya dalam waktu dekat. Semoga membantu.

Tagged , , , , . Bookmark the permalink.