Cara Mengalihkan/Redirect Url Blog Lama ke Blog Baru

CaraPedi.com| Ada banyak alasan mengapa orang memilih untuk menutup blog lama dan membuat blog baru. Bisa jadi karena domain blog telah diblokir atau dianggap spam oleh facebook, sehingga kita tidak bisa mengirim feed. Bisa juga karena blog lama sudah diblokir oleh Google Adsense, seperti halnya saya.

Lalu bagaimana jika blog yang lama sudah banyak pengunjungnya atau high traffic? Tentu kita akan rugi karena kita kehilangan trek yang sudah kita bangun dengan susah payah, apalagi sebagian besar sudah di halaman pertama google. Lalu bagaimana caranya mengalihkan atau redirect url blog lama ke url blog baru?

Cara Mengalihkan/Redirect Url Blog Lama ke Blog Baru

  1. Jika kamu baru berencana ganti domain, Export terlebih dahulu artikel kamu. Misalnya jika kamu menggunakan wordpress, klik di bagian tool, lalu pilih Export. Maka akan muncul beberapa plugin yang bisa digunakan untuk mengexport, pilih sesuai kebutuhan. Instal dan aktifkan kemudian export semua post.
  2. Kemudian jika blog baru kamu sudah siap, import melalui tools di dashboard. Karena menggunakan proses import, maka urlnya akan sama persis kecuali domain utamanya. Misal:
    url sebelumnya:
    http://berbagai-cara.com/2013/06/cara-mengalihkanredirect-url-blog-lama-ke-blog-baru/
    url postingan setelah diexport ke blog baru:
    http://carapedi.com/2013/06/cara-mengalihkanredirect-url-blog-lama-ke-blog-baru/
  3. Jika proses pindah rumah sudah selesai, tinggal mengalihkan alamat blog atau url blog yang lama ke alamat baru. Caranya Loginlah ke blog lama, cari plugin dengan kata kunci redirect. Instal dan aktifkan.
  4. Lalu buka plugin tersebut dan mulailah mengganti satu persatu url lama dengan url baru seperti terlihat di print screen di bawah ini:
    cara, redirect, blog
  5. Jika sudah selesai semua kemudian jangan lupa untuk save. Untuk mengetahui perubahan atau efeknya, buka google dan gunakan kata kunci yang bisa memunculkan salah satu artikel kamu yang ada di halaman pertama dan coba klik apakah sudah langsung tertuju ke blog baru kamu atau belum. Selesai..

Demikianlah tutorial tentang bagaimana Cara Mengalihkan/Redirect Url Blog Lama ke Blog Baru. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau meninggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , , . Bookmark the permalink.