Cara Membuat Laptop Menjadi Wifi atau Hotspot Area

Carapedi.com| Cara menjadikan atau membuat laptop menjadi wifi atau hotspot ini bisa berfungsi untuk membagi akses internet sebuah laptop dengan komputer atau laptop lainnya. Dengan cara ini kita bisa mengakses internet tanpa perlu repot-repot menggunakan kabel LAN.

Selain berfungsi untuk menangkap sinyal wifi, laptop sendiri sebenarnya bisa digunakan sebagai pemancar wifi sehingga area di sekitar laptop menjadi hotspot, sehingga jika laptop kita tersambung dengan jaringan internet menggunakan modem misalnya, kita bisa membagi jaringan internetnya melalui wifi dari laptop kita kepada orang lain. Atau jika Anda termasuk orang yang suka bermain game secara bersama-sama, sinyal wifi yang dipancarkan dari laptop Anda bisa dijadikan media untuk bisa bermain bersama dengan teman-teman Anda.

Cara Membuat Laptop Menjadi Wifi atau Hotspot Area

  1. Hidupkan perangkat Wifi di laptop Anda.
  2. Lalu bukalah Control Panel dengan mengklik tombol start windows, lalu cari Control Panel dan klik.
  3. Setelah jendela Control Panel terbuka, langsung menuju search control panel yang berada di sebelah kanan atas dan tuliskan kata: ADHOC seperti terlihat di bawah ini, sehingga hanya akan muncul opsi Network and Sharing Center:cara-membuat-laptop-menjadi-wifi-hotspot
  4. Langsung klik: Set up an ad hoc. Maka akan tampil gambar dua laptop yang berisi konfirmasi set up. Langsung klik Next.
  5. Kemudian akan ada permintaan untuk memberi nama dan tipe proteksi dari hotspot yang ingin dibuat.
    • Network Name: beri nama hotspot kamu agar orang lain bisa mengenali nama hotspotmu.
    • Security Type: pilih no authentication (open). Jika menggunakan opsi ini, maka orang lain akan bisa tersambung dengan wifi kamu tanpa perlu memasukkan password. Tapi jika kamu ingin menggunakan password, bisa pilih WPA2-Personal (maksudnya, password minimal harus 8 huruf)
    • Security Key: Ini adalah password yang kamu buat yang nantinya akan digunakan oleh teman kamu jika ingin mengkoneksikan laptopnya ke laptop kamu. Jika sudah terisi, klik Next. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:cara membuat laptop menjadi wifi 2
  6. Setelah proses set up selesai, langkah terakhir adalah mengklik: Network and Sharing Center untuk mengaktikannya. Selesai.

Demikianlah tutorial Cara Membuat Area Hotspot Menggunakan Wifi Laptop. Semoga bermanfaat. Like, Twit atau komentar Anda untuk artikel ini adalah semangat kami untuk terus berbagi informasi yang bermanfaat lainnya. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.