Cara Mengganti WP-admin Agar Blog Aman Dari Hacker

CaraPedi.com| Inilah salah satu cara untuk mengamankan blog berplatform WordPress yang sudah kita bangun susah payah dari jari-jari usih Hacker. Mereka masuk blog kita dengan masuk terlebih dahulu ke wp-admin kemudian mencari tahu passwordnya dan user adminnya. Jadi hindari menggunakan user name “admin”.

Ada dua cara untuk mengganti url login page wordpress, yaitu menggunakan plugin atau langsung merubahnya dari file manager. Untuk antisipasi, jangan lupa back up dulu. Tapi yang jelas, cara ini sudah saya buktikan berkali-kali. Jika sesuai petunjuk InsyaAllah berhasil.

A. Cara Mengganti WP-Admin dengan Merubah Script.

  1. Masuk ke Cpanel hosting kamu dan buka “publik html” > lalu rename (biasanya dengan klik kanan) file: wp-login dengan kata yang mudah diingat dan susah ditebak. Misal antihacker. Ingat, jangan hilangkan .php nya kemudian SAVE.
    cara mengganti wp-admin2
  2. Setelah kembali ke halaman public html, cari kata antihacker seperti gambar di atas, lalu edit file. Setelah masuk ganti semua kata wp-login yang ada di dalamnya (ada 14) dengan antihacker secara manual (mengganti satu persatu dengan menggunakan Ctrl+F untuk menemukan kata wp-login) atau dengan mengcopy paste di halaman notepad lalu di replace. Jangan lupa untuk SAVE.
  3. Langkah berikutnya adalah membuka folder wp-include (di bawah wp-content), dan cari file general-template.php. lalu edit file, kemudian ganti semua kata wp-login yang ada di dalam general-template.php dengan antihacker (ada 5).

    Namun sekalipun itu sudah berhasil, hacker masih bisa membukanya dengan mengetikan wp-admin. Karena akan langsung redirect (menuju langsung) ke halaman login kamu walaupun sudah diganti.

  4. Biar tidak redirect langkah terakhir adalah dengan menghilangkan atau menghapus kata ‘antihacker.php’ dengan membuka lagi general template yang ada di dalam wp-include. Caranya cari:

    function wp_login_url($redirect = ”, $force_reauth = false) {
    $login_url = site_url(‘antihacker.php’, ‘login’);

    Sehingga akan menjadi seperti ini:

    function wp_login_url($redirect = ”, $force_reauth = false) {
    $login_url = site_url(”, ‘login’);

    cara mengganti wp-admin4

  5. Save. Lalu coba buka dengan kata login baru kamu. Ingat jangan lupa untuk mengakhiri dengan kata .php. Contoh: domainkamu.com/antihacker.php. Selesai.

B. Cara Merubah WP-Admin dengan Plugin.

  1. Download dan instal plugin Rename wp-login.php lalu aktifkan.
  2. Kemudian buka menu Setting > pilih Permalinks > dan isi kolom “login url” yang terdapat di dasar tampilan dengan kata yang Anda sukai. Misal Anda mengisinya dengan kata: “painomainpiano”, maka ketika hendak login Anda harus mengetikkan: domainanda.com/painomainpiano.

Demikianlah penjelasan tentang Cara Mengganti WP-admin Agar Blog Aman Dari Hacker. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon share dengan cara memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima Kasih.

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.