Cara Daftar Google Analytics dan Pasang Kode Pelacakan

CaraPedi.com| Cara Daftar Google Analytics dan Pasang Kode Pelacakannya – Cara membuat akun Google Analytics ini sebetulnya cukup mudah dan sederhana. Namun bagi yang baru saja mau mendaftarkan blognya di Google Analytics tentu akan bingung karena semudah apapun sebuah cara, jika kita belum pernah melakukan sebelumnya tentu akan terasa sulit.

Google Analytics sangat bermanfaat untuk pengembangan traffic pengunjung sebuah blog atau website. Salah satu manfaatnya adalah kita dapat melihat animo atau minat pengunjung dengan menggunakan Google Analytics sehingga kita bisa membuat prioritas tentang tema yang akan kita tulis selanjutnya.

A. Cara Daftar Google Analytics Terbaru:

  1. Silahkan masuk dahulu ke laman Google Analytics: DI SINI.
  2. Jika Anda sudah mempunyai akun google yang biasa digunakan untuk membuka email di gmail, Anda bisa langsung masuk dengan mengklik tombol MASUK di sebelah kanan atas. Namun jika belum punya akun gmail, silahkan pilih BUAT AKUN.
  3. Setelah login ke dashboard, maka Anda akan melihat isian form yang harus diisi dengan data blog yang akan didaftarkan. Untuk metode pelacakan, terdapat 2 macam yaitu: Universal Analytics dan Classic Analytics. Anda boleh bebas memilih sesuai dengan kebutuhan fitur yang dimiliki keduanya. Tapi kebanyakan blogger termasuk saya lebih memilih Universal Analytics.
  4. Jika Anda sudah memiliki Akun Google Analytic untuk blog lain, maka silahkan langsung menuju menu Admin > lalu klik Daftar Situs yang telah terdaftar sehingga muncul dropdown dan pilih Buat Akun Baru seperti terlihat di bawah ini:
    cara daftarkan blog ke google analytics
  5. Lalu isilah data-data blog atau website seperti terlihat dibawah ini:
    cara mendaftarkan blog di google analytics jika sudah punya akun lainnya
  6. Kemudian untuk opsi berbagi data yang terdapat di bawahnya, saya rekomendasikan dicentang semua. Setelah itu silahkan klik: Dapatkan ID Pelacakan. Akan muncul konfirmasi term and conditions, pilih: Saya Setuju. Sekarang Anda sudah mendapatkan kode pelacakan yang harus ditempatkan pada kode php <header> yang terdapat pada blog atau website Anda.

B. Cara Pasang Kode Pelacakan Google Analytics:

  1. WordPress.
    Bagi yang menggunakan platform WordPress, Anda bisa membaca cara memasang kode pelacakan Google Analytics disertai dengan gambarnya DI SINI.
  2. Blogspot.
    Jika Anda menggunakan Blogger atau Blogspot, Anda tidak perlu memasang scriptnya, tapi cukup dengan mengcopy ID Pelacakan yang terdapat di atas kode script, seperti UA-4489567x-1 di kolom ID Properti Web Analytics yang terdapat pada Opsi Lainnya.

Demikianlah tutorial singkat tentang bagaimana Cara Daftar Google Analytics Terbaru dan info link cara pemasangannya. Jika menurut Anda tutorial ini bermanfaat dan membantu, mohon sumbangan like, twit atau dengan berkomentar di bawah ini. Terima Kasih.

Tagged , , , . Bookmark the permalink.