Cara Buat Blog atau Website yang Keren dan Gratis

CaraPedi.com| Cara Buat Blog atau Website yang Keren dan Gratis. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat sebuah blog atau website yang menarik dan gratis. Bahkan jika Anda pintar mendatangkan pengunjung, bukan tidak mungkin Anda bisa menghasilkan puluhan juta rupiah/bulan dari blog Anda. Caranya silahkan baca di sini. Namun sebelum saya memberikan tutorial bagaimana cara membuat blog, saya akan jelaskan dulu istilah-istilah dasar yang lazim digunakan dalam dunia blogging, sehingga Anda tidak bingung ketika membaca sebuah artikel tentang bagaimana cara menggunakan blog.

  1. Domain vs Subdomain.
    Domain adalah alamat sebuah blog yang diakhiri dengan .com, .net, .co.id dan sebagainya. Sedangkan subdomain merupakan cabang dari domain. Misal: carapedi.com adalah domain, sementara news.carapedi.com adalah subdomain. Itulah mengapa jika membuat blog di blogspot.com, Anda tidak perlu membayar domain, karena menggunakan subdomain: namablog.blogspot.com.
  2. Hosting.
    Hosting adalah tempat penyimpanan data blog yang selalu online sehingga bisa dibuka oleh seluruh orang di penjuru dunia. WordPress.com dan blogspot.com termasuk salah satu penyedia hosting gratis.
  3. Plaform Blog.
    Platform blog adalah jenis sistem yang digunakan oleh sebuah blog atau website. Dalam istilah komputer, untuk menjalankan sebuah komputer, kita membutuhkan windows atau linux. Sedangkan dalam dunia blog kita bisa menggunakan wordpress, blogspot, drupal, joomla dan sebagainya.

T: Kalau admin pilih pakai yang mana?
J: Saya cenderung menggunakan blog berplatform wordpress tapi hostingnya tidak di wordpress.com, melainkan menggunakan layanan gratis di idhostinger.

T: Banyak yang pakai hosting gratis di blogspot.com dan wordpress.com, kenapa tidak pakai salah satunya?
J: Jika menggunakan salah satu penyedia hosting tersebut, maka kita harus menggunakan platform mereka. Fitur blogspot tidak selengkap blog dengan platform wordpress. WordPress memiliki banyak sekali plugin yang dapat membantu kita untuk mendesaign blog seperti yang kita inginkan, ini yang tidak dimiliki blogspot. Sehingga banyak yang pada akhirnya pindah ke blog dengan platform wordpress. Sementara jika kita membuat blog pada hosting gratis wordpress.com, menu plugin tersebut tidak aktif.

T: Jadi saran om admin gimana?
J: Sebaiknya menggunakan subdomain dan hosting gratis di Idhostinger, kemudian menggunakan platform wordpress. Jika suatu saat ingin ganti dari subdomain ke domain, kita tinggal mengarahkannya dengan mudah. Admin idhostinger akan membantu kok.

T: Caranya buat blog di idhostinger gimana gan?
J: Silahkan baca tutorial di bawah ini atau melihat langsung video pembuatan blog secara langsung di bagian paling bawah:

A. Proses Pendaftaran:

  1. Kunjungi website idhostinger.com > klik Buat Akun di sebelah pojok kanan atas.
  2. Isi Form Pendaftaran dengan memasukkan nama, email, password, captcha dan jangan lupa centang Pernyataan setuju dengan syarat dan kebijakan.
  3. Setelah itu cek email dan buka email dari Hostinger Indonesia, lalu klik tautan untuk mengaktifkan akun.

B. Proses Pembuatan Domain Gratis.

  1. Setelah akun Anda aktif, kita harus membuat domain (alamat) blog gratis Anda dengan mengklik tombol Order pada paket Gratis.
  2. Kemudian isi form berikut ini:
    cara membuat blog yang menarik dan gratis3
    1). Jika Anda ingin domain yang gratis, maka jangan dirubah.
    2). Ketik alamat blog Anda. Anda bisa memilih domain utama. Pada contoh di atas, saya memilih meximas.com. Sehingga alamat blognya menjadi Inggris-online.meximas.com.
    3). Ketik password untuk masuk ke akun idhostinger Anda. Lalu klik Lanjutkan.
  3. Akan muncul jendela berikutnya yang berisi informasi alamat blog dan paket yang akan Anda buat. Isi Captcha (kata-kata yang dicetak tidak beraturan) dan centang: Saya setuju dst > klik Order.

C. Proses Pembuatan Blog WordPress di Cpanel.

  1. Setelah proses pendaftaran subdomain (alamat blog) gratis, sekarang saatnya membuat blognya dengan menggunakan WordPress. Setelah selesai mengklik tombol Order, akan terbuka jendela Cpanel dimana Anda bisa mengolah blog.
  2. Langsung cari menu: Auto Installer pada Menu Website seperti terlihat di bawah ini:cara membuat blog
  3. Anda akan menemukan berbagai platform blog yang bisa digunakan untuk membuat blog. Namun yang paling mudah penggunaannya adalah wordpress. Pilih wordpress, untuk mempercepat cukup ketik word pada kolom Cari di sebelah kanan atas, lalu klik Install:cara membuat blog yang menarik dan gratis5
  4. Langkah terakhir adalah dengan mengisi data blog Anda meliputi:
    • Password database: password untuk database (jika diandaikan komputer, maka itu adalah password untuk membuka partisi atau folder C yang berisi berbagai macam program.
    • User Administrator: Nama admin untuk masuk ke dapur/dashboard blog wordpress Anda untuk memulai mengolahnya seperti menulis dsb.
    • Password Administrator: password untuk masuk dashboard.
    • Judul Website: Beri judul blog Anda. Misal: Carapedi.com
    • Tagline Website: Gambaran singkat blog Anda. Misal: Ensiklopedi Cara.
    • Maksimal Percobaan: pilih Ya, agar jika lupa password, Anda bisa mencoba login berkali-kali. > lalu klik Install.
  5. Sekarang Anda sudah punya blog online yang bisa dilihat oleh seluruh orang di dunia. Untuk masuk dapur/dashboard blog wordpress Anda. Silahkan ketik alamat blog Anda di browser. Jika sudah terbuka klik Login pada menu Meta. Lalu isikan User dan Password Administrator yang telah Anda buat di atas.

Demikianlah share tentang bagaimana Cara Membuat Blog/Website yang Menarik dan Gratis. Untuk pengelolaannya silahkan baca artikel Tutorial Terlengkap Cara Menggunakan Blog WordPress. Jika Anda menyukai tulisan ini, mohon like dan tweetnya atau dengan berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , , . Bookmark the permalink.