Cara Merubah Tata Letak pada Blog Blogger atau Blogspot

CaraPedi.com| Cara Merubah Tata Letak pada Blog Blogger atau Blogspot – Mengelola atau mengatur tata letak blog penting untuk dilakukan agar blog kita terlihat cantik dan indah sehingga membuat pengunjung tidak bosan berlama-lama di blog kita. Tata letak yang saya maksud adalah bagaimana cara menyusun dan mengolah content yang berada di kolom-kolom sebelah kanan-kiri, atas dan bawah artikel utama yang biasa disebut Widget. Seperti yang bisa Anda lihat di bagian kanan artikel ini, saya meletakkan kolom pencarian, daftar atau list artikel terbaru, kolom iklan, dan penghitung pengunjung blog (tidak terlihat karena saya sembunyikan). Jadi di kolom-kolom widget tersebut kita bisa memasang apa saja yang kita inginkan, seperti yang tidak ada di blog saya adalah fan page facebook atau twitter, foto pemilik blog dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tata letak widget sangat tergantung pada template yang kita gunakan. Ada template yang menyediakan widget di kanan dan kiri artikel ada juga yang hanya kanan artikel saja. Ada juga yang lengkap, kanan-kiri serta atas-bawah artikel utama. Jadi jika Anda ingin memasang sesuatu di bagian tertentu, maka Anda harus mencari template yang sesuai, jika belum tahu cara mencari template dan memasangnya, silahkan baca artikel saya sebelumnya tentang: Cara mengganti template blog di Blogspot.

Cara Merubah Tata Letak pada Blog Blogger

Pertama-tama, silahkan masuk dulu ke dashboard atau back end blog Anda di blogger.com, Kemudian klik menu: Tata Letak. Maka nanti akan terbuka tampilan yang kurang lebih seperti di bawah ini. Sekali lagi, tata letak sebuah blog sangat tergantung pada template yang digunakan. Adapun template yang saya gunakan di bawah ini adalah template Sparks.
cara merubah tata letak pada blog blogger atau blogspot

Note:

  1. Logo.
    Anda bisa mengisi ruang Logo ini untuk nama blog Anda. Bisa digunakan dengan menggunakan tulisan biasa atau bisa juga dengan menggunakan foto. Namun jika menggunakan foto, maka sebaiknya menggunakan format .png agar transparent.
  2. Main Menu.
    Main menu ini adalah menu utama dalam sebuah blog atau website. Letaknya berada di sebelah atas dan di dalamnya terdapat tombol atau menu Home. Menu lain selain home biasanya adalah halaman yang berisi informasi tentang about us, contact us dan lain sebagainya. Tapi yang paling umum digunakan untuk membuat menampilkan kategori artikel seperti pada blog ini yang jika diklik maka akan menampilkan daftar artikel yang masuk dalam kategori tersebut.
    Untuk membuat menu berupa kategori di Blogspot, maka Anda harus sudah Membuat artikel terlebih dahulu yang di kolom label (berada di sebelah kanan kolom penulisan artikel) diisi dengan kata yang akan Anda jadikan sebagai kategori. Kemudian klik tombol “Edit” pada kotak Main Menu. Sehingga terbuka halaman seperti terlihat di bawah ini. Misalnya Anda ingin membuat kategori berita, maka dalam kolom label artikel Anda isi dengan kata berita.
    cara merubah tata letak blog di blogspot - main menu
    Jika sudah ada label Berita yang tersimpan di satu atau beberapa artikel, Maka nanti cara membuatnya adalah cara mengisi kolom Nama Situs Baru dengan nama menu: Berita>  kemudian pada kolom URL situs Baru isi dengan: alamatdomain.blogspot.co.id/search/label/berita > lalu klik tambahkan tautan > Klik Simpan.
    Untuk mengatur urutannya, silahkan klik tanda panah naik turun pada menu yang Anda inginkan.
  3. Sidebar Right.
    Dikatakan sidebar right karena berada di samping kanan, jika berada di sebelah kiri maka penyebutannya adalah sidebar left. Pada template yang saya instal tersebut tidak ada sidebar leftnya. Pada bagian samping ini seringnya para blogger menggunakannya untuk menampilkan recent post atau artikel terbaru dan juga popular post atau posting yang paling populer karena sering dikunjungi.
    cara mengubah tata letak blog
    Cara menambahkan Gadget berupa artikel terbaru misalnya, maka klik area “Tambahkan Gadget” > sehingga muncul halaman seperti gambar di atas > lalu klik icon + sehingga muncul lagi halaman baru. Silahkan atur sesuaikan sesuai dengan kebutuhan Anda kemudian klik tombol Simpan.
  4. Section Left/Center/Right.
    Section sebagaimana yang dimaksud pada gambar pertama di atas adalah widget pada posisi bottom atau di bawah artikel. Seringnya posisi ini dibagi ke dalam 3 kolom. Tapi kita tidak harus menggunakan semuanya. Cara menambahkan Gagdetnya pun sama dengan cara membahkan gadget pada Sidebar.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana cara merubah tata letak pada blog Blogspot. Selengkapnya, Anda bisa membaca artikel lainnya tentang cara mengelola blog dengan platform blogspot. Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, mohon share dengan memberikan like atau twit dan atau meninggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih.

Share yuk:
Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

2 Komentar di "Cara Merubah Tata Letak pada Blog Blogger atau Blogspot"

Kabari saya jika
avatar
susun berdasar:   terbaru | terlama
Afif Setiawan Najib

Makasih infonya gan

wpDiscuz