2 Cara Mengganti Template (Tema) Blog di Blogspot

CaraPedi.com| Cara Mengganti Template (Tema) Blog di Blogspot atau Blogger – 3 tahun yang lalu saya pernah membuat artikel tentang Bagaimana Cara Membuat Blog Gratis di Blogger atau Blogspot. Bagi yang belum punya blog di blogger, silahkan baca artikel tersebut terlebih dahulu untuk membuatnya. Jika sudah, sekarang mari ikuti tutorial tentang bagaimana cara mengolah blog dengan fasilitas gratis yang disediakan oleh Google ini dari mulai settingan dasar, cara mempercantik sampai dengan optimasinya agar bisa segera terindex oleh mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan lain sebagainya.

Setelah berhasil membuat blog dasar dengan tampilan template yang tersedia di Blogger, biasanya kita ingin terlebih dahulu menyusun tata letak dan tampilan yang sesuai dengan selera dan tema (jenis tulisan) blog. Template yang disediakan oleh Blogger/Blogspot sebetulnya sudah lumayan bagus, tapi untuk saya pribadi dari sekian banyak template yang tersedia, tidak satupun yang menarik perhatian saya. Jadi setiap kali saya membuat blog dengan menggunakan Blogspot saya selalu mengganti templatenya dengan mencari template di tempat lain (browsing di internet).

Ada 2 cara yang bisa kita lakukan untuk merubah template atau tema blog di Blogspot. Yaitu dengan langsung upload template hasil download an yang kita dapatkan dari tempat lain yang sudah kita simpan di drive komputer kita dan juga dengan mengeditnya secara manual. Berikut langkah-langkah cara mengganti template (tema) di Blogspot selengkapnya:

A. Cara Merubah Template Blog di Blogspot dengan Upload File XML

  1. Pertama-tama, silahkan cari template blogspot dengan browsing di internet dengan kata kunci sesuai dengan tema blog Anda. Misalnya, ingin membuat blog berita, maka carilah template dengan kata kunci: “Template Magazine Blogspot“, jika ingin tema olah raga “Template Magazine Sport” dan lain sebagainya. Jika sudah dapat, klik salah satu template yang tersedia lalu jika ingin melihat tampilan jadinya klik tombol Live Preview.
  2. Jika sudah terdownload, kemudian extract folder yang di-rar tersebut dan cari fie yang berextensi .xml.
  3. Lalu buka akun blogspot Anda di Bogger.com dan pilih menu: TEMA > BACK UP/PULIHKAN (berada di sebelah kanan atas layar).
  4. PILIH FILE > ambil file yang berextensi .XML > UPLOAD yang berada di bawah tombol Pilih File. Selesai. Template baru sudah bisa Anda gunakan.

    Jika cara ini tidak berhasil, maka gunakan cara kedua di bawah ini.

B. Cara Mengganti Template Blog di Blogspot secara Manual.

Cara ini sering kali saya gunakan jika upload template di blogspot error atau tidak berhasil. Caranya pun cukup sederhana. Berikut langkah cara mengganti template secara manual:

  1. Setelah Anda download template dan extract folder seperti pada langkah kedua di atas, buka file berextensi .XML dengan notepad atau langsung klik kanan pada file tersebut lalu pilih EDIT >klik kursor di dalam tulisan (dimanapun) lalu tekan CTRL+A > CTRL+C pada keyboard laptop Anda.
    cara mengganti tampilan blog di blogger
  2. Kemudian masuk pada dashboard blog Anda > pilih TEMA > klik tombol EDIT HTML yang berada di bawah tampilan seperti terlihat pada gambar nomor 2 di atas.
  3. Lalu letakkan kursor di dalam kode script kemudian CTRL+A > CTRL+V > jangan lupa simpan perubahan dengan klik tombol Simpan yang berada di atas. Selesai.

Setelah Anda upload template menggunakan cara di atas, maka widget yang terpasang pada sidebar masih sesuai default (bawaan template). Misalnya, biasanya masih ada halaman fanpage facebook milik pembuat template. Nah untuk menggantinya dan mengatur tata letaknya, dan tutorial lainnya silahkan pilih sendiri sesuai kebutuhan Anda di Tutorial Lengkap Cara Membuat Blog dengan Blogger/Blogspot.

Demikianlah penjelasan tentang bagaimana cara mengganti template blog di blogspot. Semoga dapat membantu. Jika Anda menyukai informasi ini mohon share dengan memberikan like, twit atau dengan meninggalkan komentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda yang membutuhkan. Terima kasih.

Share yuk:
Tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

Jadilah yang pertama berkomentar!

Kabari saya jika
avatar
wpDiscuz