Cara Mematikan dan Menampilkan Notifikasi Whatsapp

cara mematikan notifikasi whatsapp

CaraPedi.com | Cara Mematikan dan Menampilkan Notifikasi Whatsapp – Menghilangkan atau Menyembunyikan pemberitahuan whatsapp terkadang kita perlukan jika kita sudah merasa terganggu dengan suara dan pop up yang muncul ketika ada pesan WA yang masuk di smartphone kita. Saya sendiri pernah mengalaminya ketika ada salah seorang teman lama mengundang dan memasukkan saya ke grup alumni sekolah dengan anggota yang super aktif. Hampir setiap saat handphone saya berbunyi karena pesan obrolan di grup WA saya. Mau keluar dari grup tapi khawatir teman-teman akan tersinggung, tidak keluar terganggu. Sehingga akhirnya saya memutuskan untuk menonaktifkan pemberitahuan dan pop up whatsapp saya.

Jika Anda juga ingin mematikan notifikasi whatsapp, kali ini saya akan share bagaimana cara mematikan notifikasi dalam bentuk suara tanpa harus mengubah mode handphone kita menjadi silent dan pop up (kotak pesan yang biasa muncul di layar bagian atas yang memberitahukan bahwa ada pesan WA masuk ketika kita sedang asik bermain handphone) serta cara untuk mematikan pemberitahuan grup tertentu saja.

A. Cara Mematikan dan Menampilkan Notifikasi Whatsapp

  1. Pertama-tama tentu buka dulu aplikasi Whatsapp Anda.
  2. Pada halaman utama Whatsapp klik tiga titik vertikal yang berada di sudut kanan atas > Lalu pilih menu Setelan atau Setting.
  3. Pilih menu Notifikasi sehingga terlihat tampilan seperti pada gambar di bawah ini:
    cara mematikan notifikasi whatsapp grup

    gambar 1.

    1). Hilangkan centang untuk mematikan nada pesan masuk (berlaku untuk pesan pribadi atau grup)
    2). Pada Setting Notifikasi Pesan, klik Notifikasi popup untuk mematikan popup yang muncul setiap kali ada pesan dari seorang teman masuk > lalu pilih

    cara menyembunyikan notifikasi whatsapp

    gambar 2.

  4. Settingan popup pada gambar 2. di atas hanya mematikan notifikasi popup pada pesan yang dikirim oleh teman whatsapp, bukan pesan yang dikirim oleh teman dalam sebuah grup.
    Jika ingin mematikan notifikasi popup pada grup, scroll atau gulir layar pada gambar 1. dan Anda akan mendapati setting Notifikasi Grup yang di bawahnya juga ada menu Notifikasi Popup. Matikan notifikasi seperti pada cara nomor 3 di atas.

B. Cara Mematikan Suara Notifikasi Grup Whatsapp

Jika Anda ingin tetap menyalakan suara pemberitahuan jika ada pesan masuk dari seorang teman tapi ingin mematikan suara pesan dari grup, maka ikuti langkah di bawah ini:

  1. Pada gambar 1. di atas, biarkan Nada Percakapan dalam keadaan tercentang.
  2. Kemudian masuk pada Grup whatsapp yang ingin Anda silent.
  3. Kemudian klik tiga titik vertikal yang berada di sudut kanan atas layar > Lalu tekan pilihan Bisu atau Silent.
    cara mematikan notifikasi grup wa
  4. Pilih lama waktu Anda ingin matikan suara pesan yang masuk di grup tersebut. Ada 3 pilihan yaitu 8 jam, 1 minggu dan 1 tahun. Jika ingin mematikan pesan popup, hilangkan centang pada: Tampilkan notifikasi.
    cara mematikan notifikasi grup wa

Untuk mengaktifkan kembali notifikasi tertentu di atas, silahkan ulangi kembali langkah-langkah tersebut di atas, lalu pilih cara yang beralawanan. Selesai

Demikianlah tips tentang bagaimana cara mematikan dan menampilkan notifikasi whatsapp. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai informasi ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau meninggalkan komentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.