11 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog / Website dengan Cepat

CaraPedi.com| Cara Meningkatkan Pengunjung Blog atau Website dengan cepat – Memperbanyak jumlah pengunjung atau traffic blog tentu membutuhkan tehnik SEO yang jitu. Karena tanpa tehnik SEO yang baik, maka bisa jadi Anda hanya akan menjadi seperti beberapa blogger yang jumlah artikelnya jauh lebih banyak dari pada jumlah pengunjung yang didapatkan setiap harinya.

Ada banyak tips dan trik yang telah ditawarkan dan diajarkan oleh para master SEO, baik itu yang gratis hingga yang berbayar. Nah, beberapa tips cara meningkatkan pengunjung blog atau webiste yang akan saya share berikut ini merupakan kesimpulan dari hasil pengalaman saya dalam menerapkan beberapa teori SEO yang saya dapatkan pada beberapa blog saya kelola.

cara meningkatkan pengunjung blog atau web dengan cepat dan mudah

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog atau website dengan cepat:

  1. Buatlah Artikel yang Berkualitas dan SEO Friendly.
    Bagi saya, kualitas artikel adalah hal yang paling penting. Buatlah artikel sebaik mungkin, seolah setelah membaca artikel yang Anda buat, pembaca tidak perlu lagi mencari dan membaca artikel lain di luar blog Anda. Seperti jika diperlukan, berilah gambar untuk mempermudah pembaca dalam memahami artikel yang Anda buat. Selain itu, jika tujuan Anda membuat artikel adalah untuk memperoleh banyak pengunjung, maka Anda harus membuat artikel yang paling banyak dicari di dunia maya. Jadi dalam membuat artikel, kita juga harus melihat animo pasar.
    Selengkapnya: Cara menulis artikel yang SEO friendly. (Penting!!)
  2. Pilih Domain yang Mengandung Niche di Depan.
    Jika Anda baru mau mulai dan belum punya domain, pilihlah domain yang mengandung niche tapi jangan terlalu panjang. Seperti blog saya yang satu ini. Karena yang saya bidik adalah niche “cara”, maka saya memilih carapedi.com sebagai domain. Hal ini bertujuan untuk memperkuat SEO blog Anda karena nama domain juga akan dibaca oleh search engine.
  3. Percepat Loading Page.
    Ini pengalaman saya waktu masih menggunakan salah satu hosting lokal. Blog sulit sekali naik karena sebentar-bentar server down, padahal sudah menggunakan paket bisnis dengan harga hampir 700 ribu untuk 6 bulan. Sehingga pengunjung tidak bisa membaca artikel yang dicari apalagi membaca artikel lain untuk meningkatkan page view. Selain itu, ketika server down, maka mesin penelusur akan menemukan error N0t Found sehingga bisa menghancurkan SEO blog. Setelah saya pindah ke Hawkhost, baru traffik saya melejit karena sejak saat itu server Hawkhost belum pernah sekalipun down dan loadingnya juga lebih cepat. Google sendiri pada tahun 2009 telah mengumumkan bahwa kecepatan loading page blog merupakan salah satu faktor penting untuk menilai SEO suatu blog. Harga di hawkhost juga murah, paket basic kalau sedang promo bisa cuma 150 ribu untuk 1 tahun (sudah bisa menampung pengunjung hingga 15 ribu/hari). Jadi sebelum membeli, cari coupon hawkhost di mesin telusur, karena hampir tiap bulan ada promo.
    Selengkapnya: 8 Tips Cara Memilih Hosting yang Tepat.
  4. Pasanglah visitor counter Histats
    Dengan cara ini, selain kita dapat mengetahui jumlah pengunjung, kita juga dapat:

    1. Menulis artikel sesuai dengan permintaan masyarakat. Karena dengan menggunakan Histats kita dapat mengetahui artikel yang banyak dicari pengunjung. Sehingga kita dapat memperbanyak artikel dari kategori tersebut. Misal, Ternyata pengunjung terbanyak di blog bahasa Inggris saya adalah tentang soal UN bahasa Inggris SMP. Jika artikel tersebut banyak pengunjung, maka bisa dipastikan bahwa jika kita menulis artikel UN bahasa Inggris SMA pengunjungnya juga akan banyak.
    2. Menulis artikel sesuai dengan kota dengan pengunjung terbanyak. Histat juga dapat menampilkan statistik pengunjung dari berbagai kota sesuai dengan urutan terbanyak. Kita bisa memanfaatkannya dengan menulis artikel yang mengaitkan kota tersebut. Misal, karena pengunjung terbanyak adalah Jakarta, Kita bisa menulis artikel tentang Tempat Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Jakarta.
    3. Menebar Tautan di Fan Page seperti facebook, twitter, dan google plus pada waktu tertentu. Caranya lihat pada statistik pengunjung dengan kategori waktu/jam. Jam dengan pengunjung terbanyak menunjukkan bahwa pada jam-jam tersebutlah orang banyak menggunakan internet. Sehingga ketika kita menebar status yang berisi tautan tidak tenggelam oleh status-status FB dan  twitter yang lain.
  5. Instal plugin wajib.
    Ada banyak plugin yang direkomendasikan untuk mendongkrak nilai SEO dari sebuah blog. Namun, dari sekian banyak yang paling sering digunakan:

    • All in one seo pack atau Yoast
    • YARPP.
    • Simple Social Buttons.
  6. Buatlah Sosial Fan Page
    Seperti Facebook, twitter dan google plus. Jika belum punya segera buat dan posting tautan di akun sosial tersebut sehingga teman atau peng-like dapat melihat postingan terbaru dari blog kamu. Jika judulnya menarik dan menggelitik, tentu akan mendatangkan pengunjung yang besar. Pernah saya membuat posting tentang: Cara melacak posisi seseorang dengan HP, setelah saya share di Fanpage, jeda 4 jam sudah dibuka oleh 150 lebih pengujung.
  7. Share dengan Waktu dan Cara yang Baik
    Menurut saya, share feed (umpan) artikel di media sosial juga punya teknik sendiri. Usahakan share pada jam-jam tertentu dimana banyak orang yang online, seperti selepas waktu isya. Hal ini untuk menghindari feed yang Anda share ke jejaring sosial tenggelam oleh status dari teman-teman calon pengunjung blog Anda. Dan dalam memberikan deskripsi singkat pun, Anda harus pintar mengolah kata-kata yang menggelitik pengunjung untuk membukanya, begitu juga dengan thumbnail atau fotonya. Usahakan gunakan foto berukuran 400 x 250 pixel agar foto bisa terlihat lebih besar dan terpampang di atas feed. Karena jika kurang dari ukuran tersebut, maka hanya akan terlihat di samping feed. Penjelasan mudahnya, silahkan copy url artikel ini, kemudian paste ke kolom status facebook Anda (tidak harus di posting, tapi jika diposting, terima kasih :)). Dan lihat dimana posisi gambar dari feed tersebut berada.
  8. Menjawab Pertanyaan di Forum
    Gabunglah di forum tanya jawab seperti Yah0o Answer, Kaskus atau di grup-grup Facebook menyesuaikan dengan niche atau tema Anda. Kemudian berinteraksilah dengan apik dan jawablah pertanyaan-pertanyaan yang ada dengan baik. Tapi jangan dijawab semua, mintalah penanya untuk mengunjungi tautan yang mengarah ke blog Anda pada akhir jawaban untuk keterangan selengkapnya. Cara ini terbukti efektif untuk mendatangkan pengunjung dan juga secara tidak langsung sudah membuat backlink artikel yang kita buat.
  9. Perbanyak Tulisan Terkait
    Usahakan update artikel setiap hari ketika sedang membangun blog. Dan buatlah artikel yang saling berkesinambungan. Misal, saat ini saya membuat tulisan tentang cara memperbanyak pengunjung blog, maka tulisan berikutnya adalah cara menulis artikel yang SEO Friendly. Dan tanamkan link artikel lain yang terkait seperti yang saya buat pada poin ke 1 dan 3 di atas. Tujuannya adalah untuk menaikkan peringkat SEO artikel lain yang ada di blog Anda. Setelah berjalan 1 bulan dan trafficnya sudah terlihat menjanjikan, maka Anda tidak perlu membuat artikel setiap harinya. Bahkan salah satu blog saya, sudah hampir 1 tahun tidak pernah saya update, tetapi pengunjungnya stabil, yaitu berkisar 18ribu/hari. Tapi hindari copy paste secara membabi buta tanpa ada perubahan. Agar lebih aman, buatlah postingan dari pengalaman Anda sendiri atau jika tidak ada ide, baca artikel di blog lainnya kemudian buat artikel dengan redaksi Anda sendiri.
  10. Daftarkan/Submit Blog Anda di:
    • Search engine terkemuka seperti di Google, Bing, Yahoo dan lain sebagainya. Cara ini dilakukan agar blog kita terdaftar di list mesin pencari.
    • RSS Feed Burner dengan menggunakan akun gmail Anda. Jika belum punya, buatlah terlebih dahulu akun gmail.
  11. Buatlah Backlinks yang Berkualitas.
    Caranya lakukan kunjungan ke blog dengan trafik tinggi yang sesuai dengan tema blog Anda dan kemudian berkomentarlah dengan baik dengan bertanya atau mengomentari materi artikel terlebih dahulu, baru Anda tanamkan link blog Anda. Hal ini diperlukan karena google mencari artikel kita dengan menggunakan jaringan. Semakin banyak url kita di blog lain, maka semakin mudah dicari mesin penelusur. Walaupun banyak yang berpendapat, cara ini sudah tidak lagi efektif, tapi tetap tidak ada salahnya dicoba.

Demikianlah sedikit share tentang Cara Meningkatkan Pengunjung Blog/Web dengan Cepat. Semoga bermanfaat dan berhasil. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.