Cara dan Syarat Daftar Anggota BPJS secara Online

A. Pengenalan BPJS.

Apa itu BPJS? BPJS merupakan singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang didirikan untuk menggantikan PT. Askes menjadi BPJS Kesehatan dan PT Jamsostek yang menjadi BPJS Ketenagakerjaan.

Sesuai dengan UU nomor 24 tahun 2011, setiap warga negara Indonesia wajib menjadi peserta anggota BPJS yang setiap bulan diwajibkan untuk memberikan iuran. Sementara bagi rakyat miskin, iuran tersebut ditanggung oleh negara.

Besaran premi berdasarkan kelas:

  • Kelas 1 = membayar premi Rp 59.500,00 per bulan
  • Kelas 2 = membayar premi Rp 45.500,00 per bulan
  • Kelas 3 = membayar premi Rp 25.500,00 per bulan

B. Cara Daftar Anggota BPJS secara Offline.

Untuk Umum:

  1. Masyarakat datang ke kantor BPJS Kesehatan yang ada di tingkat kabupaten maupun propinsi
  2. Masyararakat mengisi formulir dengan membawa salah satu kartu identitas KTP, SIM, Kartu Keluarga, atau Paspor.
  3. Setelah mengisi formulir, maka Anda akan mendapatkan Virtual Account yang digunakan sebagai nomor transaksi untuk pembayaran premi.
  4. Bagi Anggota Non BPI, anda harus membayar iuran terlebih dahulu dan setelah membayar iuran anda resmi menjadi anggota BPJS kesehatan.
  5. Bagi anggota BPI, setelah mendapat virtual account anda resmi menjadi anggota BPJS kesehatan, anda tidak perlu membayar iuran karena iuran anda dibayarkan oleh pemerintah.
  6. Anda akan mendapatkan kartu anggota BPJS Kesehatan.

Untuk Karyawan Perusahaan

  1. Untuk karyawan di perusahaan yang sebelumnya menggunakan Jamsostek, cara mendaftarkan keanggotaan BPJS bisa langsung melalui perusahaan.
  2. Perwakilan perusahaan bisa datang langsung ke kantor BPJS di wilayah kabupaten atau kota kemudian mengisi formulir dan setelah itu mendapat satu Cara Mendaftar Anggota BPJS Untuk Karyawan dan Umumirtual Account untuk seluruh karyawan di satu perusahaan.
  3. Setelah itu perwakilan perusahaan membayarkan premi sejumlah iuran premi per karyawan dikalikan jumlah karyawan.
  4. Karyawan perusahaan telah resmi menjadi anggota BPJS kesehatan non PBI setelah membayar premi dan mendapatkan kartu anggota BPJS kesehatan sejumlah karyawan tersebut.

Untuk PNS, TNI POLRI dan Peserta Askes.

  1. Secara umum cara pendaftaran untuk TNI, Polri dan Pengguna Askes adalah sama. Namun pendafatarnnya akan lebih mudah karena data anda sudah ada di kantor BPJS.
  2. Pendaftaran bisa dilakukan sendiri maupun secara kolektif di kantor BPJS kesehatan dengan menyertakan bukti kartu askes anda.
  3. Premi anda akan dipotongkan dari gaji bulanan anda sebagaimana pengguna Askes sebelumnya.
  4. Setelah pendaftaran selesai, anda akan mendapatkan kartu BPJS kesehatan.

C. Cara Daftar BPJS secara Online.

Berikut langkah cara registrasi BPJS Kesehatan secara online:

  1. Kunjungi situs resmi BPJS di http://bpjs-kesehatan.go.id (silahkan klik);
  2. Lalu pilih menu Layanan Peserta > Pendaftaran Peserta. Setelah terbuka klik tombol Pendaftaran yang berada di sebelah bawah kanan;
  3. Isi formulir pendaftaran seperti: Nomor registrasi, Nomor KTP/NIK, Nama, Jenis Kelamin dsb lalu klik tombol Simpan.
  4. Lalu buka email yang dikirimkan oleh BPJS dan print formulir pendaftaran yang telah terisi dengan data Anda tersebut;
  5. Agar e-ID dapat digunakan/aktif, Calon Peserta harus melakukan pembayaran di Bank. Setelah Calon Peserta melakukan pembayaran di Bank, maka peserta dapat mencetak e-ID dengan link yang terdapat pada Email Notifikasi.

Demikianlah informasi tentang Cara Mendaftar atau menjadi Anggota BPJS untuk Umum dan Karyawan serta PNS. Semoga bermanfaat. Like dan Twit Anda adalah semangat kami untuk terus berkarya dan berbagi informasi.

Incoming search terms:

  • bpjs pns
  • bpjs untuk pns
  • carapedi com
  • syarat bpjs pns
  • bpjs bagi pns
Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.