Tips Cara Merawat Mesin Mobil Matic

Carapedi.com| Mobil matic memang enak digunakan terutama di jalan yang macet, tapi kita juga harus tahu bagaimana cara merawat mesin mobil matic dengan benar. Jika tidak maka tentu kita akan kesulitan ketika mobil matik sudah mogok. Beda dengan mobil dengan transmisi manual yang ketika staternya mati bisa didorong, mobil matik jika starternya mogok sudah tidak bisa didorong. Dan masih banyak persoalan lain yang akan merepotkan pemilik jika si matik sudah mogok. Oleh karena itu, untuk menghindari atau setidaknya meminimalisir terjadinya kerusakan, rawatlah mobil matik Anda dengan tips berikut ini:

  1. Cek Oli Transmisi.
    Oli transmisi adalah faktor yang sangat dan paling mempengaruhi kinerja dan kesehatan transmisi automatic. Oleh karena itu, rutinlah mengecek oli transmisi. Kalau warnanya masih merah itu masih bagus, tapi kalau sudah hitam dan bau kebakar itu berarti ada masalah dan segera untuk diganti. Ceklah oli transmisi setiap menempuh jarak 5.000 km. Penggantiannya kalau bisa sama seperti mengganti oli mesin.
  2. Rutin Ganti Filter Oli.
    Disamping oli, yang terkait dengan transmisi otomatis secara langsung adalah filter oli. Sebisa mungkin setiap 20.000 km dianjurkan untuk mengganti filter oli transmisi.
  3. Cek Air Radiator.
    Tidak hanya pada mesin mobil dengan transmisi manual, tapi juga mesin matic air radiator sangat mempengaruhi kinerja dan keawetan mesin. Oleh karena itu periksalah air radiator secara rutin dan jika perlu ganti dengan air coolant yang selain murah juga bisa mendinginkan mesin serta merawat radiator itu sendiri karena dapat merontokkan kerak yang biasa timbul di dalam radiator.
  4. Posisikan porseneleng dengan baik.
    Pindahkan tuas transmisi ke posisi N apabila mobil berhenti di lampu merah untuk mencegah keausan kampas kopling. Jangan menggunakan D sambil menginjak pedal rem. Hal itu akan mempercepat keausan komponen yang berhubungan dengan sistem atau kerja transmisi otomatik. Pada saat memarkir kendaraan, injaklah pedal rem dan tarik rem tangan. Lalu pindahkan posisi tuas transmisi ke P agar roda terkunci aman, kemudian matikan mesin.

Demikianlah tutorial tentang tips bagaimana cara merawat mobil matic. Semoga bermanfaat dan jika Anda suka dengan artikel ini, mohon like atau sharenya dengan menekan salah satu tombol like di bawah ini. Terima Kasih.

  • air yang bagus untuk isi radiator mobil metic
  • beda filter oli dan filter transmisi mobil
  • bolehkan menambah oli matic mobil
  • cara cek oli mesin mobil matic
  • cara cek oli transmisi matic
Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.