Cara Melaporkan Penipuan Online atau SMS ke Polisi

Carapedi.com| Modus Penipuan melalui SMS atau internet (online) seperti yang dilakukan oleh Penipu yang memasang dagangannya di OLX.co.id dan Berniaga.com dsb sekarang marak terjadi. Namun banyak juga yang tidak tahu caranya bagaimana melaporkan penipuan tersebut ke polisi. Jika Anda ingin mengetahui ciri-ciri penipuan online dan agar tidak tertipu di kemudian hari, silahkan baca: Cara Mengetahui Penipuan Online.

A. Melapor Melalui Situs Resmi.

Cara termudah dan mungkin langkah pertama yang harus dilakukan jika Anda baru saja menjadi korban penipuan adalah langsung melaporkan ke polisi ke situsl resmi Kepolisian Indonesia dengan alamat: http://www.propam.polri.go.id/?mnu=pengaduan.

B. Langsung Melapor ke Kantor Polisi.

Berikut langkah yang harus Anda lakukan untuk melaporkan para penipu ke kantor polisi terdekat:

  1. Datanglah ke kantor polisi terdekat. Kemudian laporkan kejadian penipuan yang Anda alami dengan menceritakan kronologi penipuan yang Anda alami. Tentu Anda harus menunjukkan alat bukti sebagai dasar penyelidikan seperti bukti transfer ke rekening penipu, nomor handphone dan nomor kontak yang digunakan penipu. Dengan laporan yang Anda sampaikan, Polisi akan membuat laporan yang berisi identitas pelapor dan terlapor, uraian singkat kejadian dan pasal yang dikenakan.
  2. Kemudian Anda akan menerima sebuah Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) sebagai bukti anda telah melaporkan tindak pidana yang Anda alami.
  3. Anda tinggal menunggu perkembangan kasus yang ditangani dan anda akan mendapat Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP).

Note:
Jika uang yang digondol penipu terbilang besar. Ada baiknya segera datang ke bank terkait untuk mengajukan permohonan pemblokiran nomor rekening penipu tersebut. Hal inilah yang sering dijadikan motivasi penipu untuk bertransaksi pada hari sabtu dan minggu (bank tutup), karena kita tidak bisa memblokirnya.

Besar kemungkinan pihak bank tidak mengabulkan permohonan pemblokiran tersebut karena pihak bank tentu akan melindungi nasabahnya. Namun bukan berarti tidak bisa sama sekali. Artinya upaya pemblokiran bisa saja dikabulkan jika kita bisa pintar melobi pihak bank. Cobalah untuk meyakinkan pihak bank bahwa nomor rekening tersebut benar-benar penipu dengan menunjukkan bukti transfer, nomor kontak penipu serta STPL dan Anda akan bertanggungjawab atas permohonan pemblokiran tersebut jika tuduhan Anda salah. Sampaikan juga bahwa agar pihak bank walaupun tidak bisa dikatakan melindungi pelaku tindak pidana tetapi setidaknya pihak bank punya tanggunjawab moral untuk ikut berpartisipasi dalam memerangi tindak pidana.

Nah, untuk sekedar mengobati rasa kesal Anda, saya rekam video ketika saya sedang mengerjain penipu. Dia marah-marah karena dia sudah tertipu telak. Penasaran? silahkan lihat videonya di Youtube dengan kata kunci: Penipu Tertipu Telak oleh Calon Korbannya di ATM.

Demikianlah informasi tentang bagaimana Cara Melaporkan Penipuan Online atau SMS ke Polisi. Jika menurut Anda informasi ini bermanfaat mohon sharenya dengan mengklik tombol like di bawah ini. Terima Kasih.

Dari berbagai sumber.

Share yuk:
Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

255 Komentar di "Cara Melaporkan Penipuan Online atau SMS ke Polisi"

Kabari saya jika
avatar
susun berdasar:   terbaru | terlama
Wied Ridwan

Jamtanganoriginal.com adalah PENIPU dengan Bank BRI Norek 551801014650534 a/n Ardilla Sanur Devey, adalah PENIPU…
Itu account saat itu ada di facebook.
Mohon berhati-hati.
No Hp yang dipakai: 082284250310

Hardian

Tertipu bagaimana gan? Afgan beli jam, sudah transfer barang tidak di kirim gitu?? Tadinya saya mau beli jam Seiko monster tapi kok murah banget. Saya jadi ragu.

kenang

hati2 ada penipuan di sosmed di instagram berkedok jual tas fossil dengan nama kasmawati, (fossil_kas) bagsbrandedori. dengan no tlp 081243460296 dan 085314067437

085357732393
Penjual di “jual*.com”. tgl 1mei perjanjian sy beli atv bekas Rp.2. 200.000,- dp 1jt brng dikirim beserta faktur.Sy transfer 1 jt. Keesokan harinya penjual meminta pelunasan, oke sy transfer Rp. 1.200.000,- Dikirimkah barangnya?… TIDAK. Penjual meminta uang dgn alasan ketidak hadiran saya untuk tanda tangan faktur sebesar Rp.1250.000,- yg nantinya dikembalikan lagi ke rekening saya . Dengan berat hati saya transfer, mengingat uang saya yg sebelumnya takut hilang.. Dikirimkah barangnya?…. TIDAK. Penjual meminta uang kembali utk jaminan bea balik nama faktur yg nantinya sekalian ditransfer kesaya Rp.2.500.000,- Disini kesabaran saya sdh habis. Saya meminta semua uang saya kembali, Eh, ternyata… Read more »
rusli

Saya adalah korban penipuan online melalui via bbm.
Selamat!!! Kepada pemilik smartphone Android ini, Anda Beruntung Memenangkan Hadiah 1 Unit Mobil HONDA JAZZ RS dari Program Gebyar PT. CEO Android indonesia dengan Kode pemenang (NN214577). U/info pengambilan hadiah kunjungi situs resmi Program Gebyar PT. CEO Android Indonesia di http://www.daftarhadiah-pemenangandroid.ml

PERINGATAN:

– Batas Waktu Pengambilan Hadiah Berlaku Selama (1X24) jam jika Tidak ada tindak lanjut dari pihak Pemenang Selama1x24 jam hadiah Akan dilegalisasi ke pengguna BBM Android lain nya.

– Syarat dan ketentuan berlaku, U/info lengkap silahkan kunjungi website resmi program PT. Android CEO Indonesia di http://www.daftarhadiah-pemenangandroid.ml (Maaf tidak melayani pertanyaan lewat BBM/SMS).

__TERIMA KASIH__

Mahipal

Rek bri a/n m karzan hamba

wpDiscuz