Tips Cara Cepat Bisa Menyetir Mobil Bagi Pemula

CaraPedi.com| Kali ini saya akan berbagi cara tips cara cepat bisa menyetir mobil bagi pemula. Berangkat dari pengalaman saya waktu kira-kira 10 tahun lalu ketika masih belajar menyetir mobil.

tips cara belajar mengemudi mobil

Berikut tips cara cepat bisa menyetir mobil bagi pemula:

  1. Biasakan dan Lancarkan Memindahkan Gigi/Porseneleng.
    Hal terpenting menurut saya adalah bagaimana kita melancarkan cara memindah gigi porseneleng sembari menginjak kopling secara bersamaan. Usahakan ketika kita ingin memindah gigi porseneleng, kita sudah tidak memikirkan atau melihat prosesnya, hanya terjadi begitu saja seperti reflek. Jadi sebaiknya latihan dulu memindah gigi dengan menginjak kopling ketika mobil berhenti sampai kita benar-benar lancar. Hal ini sangat penting karena biasanya pemula ketika memindahkan gigi masih berfikir bahkan ada yang melihat sehingga sangat membahayakan karena mengganggu konsentrasi mengendalikan stir mobil.
  2. Lepaskan Alas Kaki.
    Setelah masalah memindahkan gigi porseneleng, hal terpenting kedua adalah membiasakan kedua kaki untuk mengetahui mana itu rem, gas dan kopling. Tipsnya jangan gunakan alas kaki sehingga Anda bisa merasakan dan bisa menginjak ketiga fungsi tersebut dengan benar. Cara tersebut sudah sering diterapkan oleh pemula bahkan beberapa orang yang sudah mahir sekalipun.
  3. Selalu Melihat Kaca Spion.
    Berbeda dengan ketika mengendarai sepeda motor, melihat kaca spion baik kaca sebelah kanan/kiri maupun tengah sangatlah penting. Hal ini untuk melihat kendaraan disekitar kita terutama dari belakang. Sehingga kita dapat memposisikan dan menguasai kendaraan kita dengan aman.
  4. Kendalikan Stir dengan Kedua Tangan.
    Bagi yang sudah mahir sekalipun, menyetir mobil dengan satu tangan kecuali saat memindahkan gigi porseneleng sangatlah berbahaya, apalagi jika belum power stearing. Itulah mengapa salah satu alasan kita dilarang untuk menggunakan telephon genggam saat menyetir. Karena di samping tidak konsentrasi, kekuatan satu tangan juga lemah ketika harus tiba-tiba membanting stir.
  5. Gunakan Mobil Pick Up.
    Tipe mobil paling rekomended bagi pemula yang baru belajar mobil adalah pick up atau colt bak. Alasannya adalah karena mobil tipe pick up lebih mudah untuk melihat belakang mobil dibanding dengan minibus seperti xenia atau avansa. Selain itu, kita juga tidak akan merasa takut jika terjadi tabrakan (saya doakan tidak terjadi) karena biaya perbaikan lebih murah.
  6. Lupakan Cara Mengendarai dengan Sepeda Motor.
    Bagi pemula, kadang masih terbawa perasaan seperti ketika mengendarai sepeda motor. Ketika kita mengendarai sepeda motor dengan body yang ringkas dan tidak terlalu makan ruang/space banyak, kita bisa saja menyalip dengan mudah dengan ruang yang sempit sekalipun. Namun berbeda ketika kita mengendarai mobil, kita harus lebih banyak mengalah terlebih dengan kendaraan dengan roda lebih sedikit seperti bemo atau sepeda motor dan harus bersabar dengan tidak memaksakan diri menyalib jika memang ruang yang tersedia sempit atau terlalu mepet.
  7. Latihanlah dulu di tanah yang luas seperti lapangan.
    Buatlah trek sendiri menggunakan pembatas seperti bambu kecil yang ditancapkan di tanah untuk membuat trek. Hal ini akan lebih mudah dalam mengoreksi hasil latihan kita. Jika bambu kecil yang ditancapkan rubuh, itu artinya kita masih belum lancar karena masih tertabrak mobil.
    Setelah yakin lancar, persempitlah jarak bambu untuk mempersempit jalur untuk latihan ke tingkat yang lebih sulit. Termasuk ketika membuat tikungan, buatlah tikungan yang tidak tajam dulu, jika sudah lancar, baru mempersempit dan mempertajam tingkat tikungan.
  8. Sedikit Perbesar Gas ketika Melewati Tanjakan.
    Jangan takut untuk terlihat pemula karena menggeber gas (gas tinggi) ketika berada di jalan menanjak setelah agak sedikit melambat atau berhenti. Tentu kita harus melepaskan kopling secara pelan-pelan agar tidak terjadi hentakan keras yang bisa berakibat mesin mati.

Demikianlah penjelasan mengenai Tips Cara Cepat Bisa Menyetir Mobil Bagi Pemula. Semoga bermanfaat. Like dan Tweet Anda untuk artikel ini adalah semangat kami untuk terus memberikan informasi bermanfaat lainnya. Thank you. Leave comment please..

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.